October 27, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Banjir Bandang Terjang Sejumlah Desa di Kabupaten Padang lawas

Padang Lawas | indocybernews.com – Sejumlah Desa diwilayah Kecamatan Ulu Barumun diterjang banjir bandang Akibat  Curah hujan dengan intensitas tinggi menyebabkan banjir bandang di Kabupaten Padang lawas  mulai terjadi sekitar pukul 20.00 WIB
Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Padanglawas, Nojul Hasibuan. S.Pd. ditemui dilokasi banjir bandang Desa Pintu Padang mengatakan, peristiwa banjir bandang tersebut terjadi di  Desa Pintu Padang atau Sigiring -giring, Desa Paringgonan Julu , Desa Matondang dan Desa  Simanuldang Jae ,Kecamatan Ulu Barumun, Jumat malam (12/3).
Tujuh   unit rumah rusak berat dan ringan  serta dua unit mobil rusak terendam air lumpur akibat banjir bandang yang terjadi malam ini di kecamatan Ulu Barumun  ” kata Nojul Hasibuan .
Kata Nojul, sampai saat belum ada korban jiwa atas peristiwa banjir bandang di Desa Pintu Padang ini .Sebelumnya terjadi di Desa Paringgonan Julu, tetapi berkat kerjasama masyarakat di Desa itu luapan air dapat diatasi.
Air sudah terlihat surut berkas kerjakeras masyarakat dan petugas.
Air sudah terlihat surut berkas kerjakeras masyarakat dan petugas.
Kondisi air saat ini di Desa Paringgonan Julu, mulai berangsur surut dan tidak lagi meresahkan masyarakat,” terangnya
Melihat kondisi air yang masih tetap bertahan , kata Nojul , tentu malam ini status siaga mengantisipasi banjir bandang susulan yang masih dikhawatirkan terjadi.
Sekcam Ulu Barumun,Damhuri Daulay membenarkan bahwa atas kejadian banjir bandang di Desa Pintu Padang atau Sigiring -giring telah merusak 7 rumah warga didesa tersebut .
“Luapan air setinggi setengah meter ,mengakibat tujuh rumah ternasuk rumah semi permanen dan rumah papan rusak parah akibat terjangan air yang cukup deras ,” ungkap Sekcam
Wakil Bupati Padanglawas ,drg.H.Ahmad Zarnawi Pasaribu .CHt .MM .M.Si bersama Kapolsek Barumun AKP Miftahuddin mengatakan, sampai sejauh ini  banjir tidak menyebabkan korban jiwa.
Wabup menuturkan, beberapa warga terdampak banjir telah mengungsi ke aula desa dan masjid serta dataran tinggi guna mengantisipasi adanya korban jiwa.
Tak hanya Desa Pintu Padang Padang, sejumlah desa diwilayah tersebut, turut dilanda banjir dengan ketinggian air mencapai satu meter.
Kata Wabup, banjir tidak hanya merusak badan jalan desa, bahkan tujuh rumah warga telah rusak parah.
Akses ruas jalan disejumlah desa dipenuhui lumpur dan sampah dan batang kayu besar yang melintang dibadan jalan, Kondisi jalan desa belum dapat dilalui kendaraan roda empat dan dua karena kondisi air masih terus meluap dibadan jalan serta dirumah -rumah warga, “terang Wabup.
Sebelumnya, tambah Wabup, telah memerintahkan pihak BPBD Pemkab Palas untuk segera memasang tenda untuk tempat mengungsi warga sementara di Desa Pintu Padang.
Banjir paling parah menerjang Desa Pintu Padang atau Sigiring-giring dan Desa Paringgonan Julu, Kecamatan Ulu Barumun.
Tim yang turun  kelokasi banjir di Desa Pintu Padang terdiri dari  BPBD,Polres Padanglawas, TNi  Kodim 0212/TS dan Koramil 08 Barumun, Satpol PP Pemkab Palas dan masyarakat. (munif)