October 16, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Banjir di Padang Lawas Telan Korban Jiwa

Banjir di Padang Lawas Telan Korban Jiwa

Banjir di Padang Lawas Telan Korban Jiwa

Padang Lawas | Indocybernews.com – Bencana banjir yang melanda Kabupaten Padang Lawas (Palas) di tiga Kecamatan dan sejumlah desa telah menelan korban jiwa warga Desa Parapat, Kecamatan Ulu Sosa.

Tidak hanya ratusan rumah yang terendam, hewan ternak yang mati, ratusan hektar perkebunan dan persawahaan yang rusak disapu banjir. Tetapi juga telah menelan korban jiwa.

Salah satu korban yaitu Dawat Harahap (50) warga Desa Parapat, Kecamatan Ulu Sosa, ditemukan warga dalam kondisi telah meninggal dunia di kolam yang berjarak 100 meter dari lokasi kebun karetnya.

Baca juga : Kapolri Minta Masyarakat Untuk Tidak Panik Terkait Ledakan Bom Didepan Gereja Katedral Makassar

Masyarakat menuturkan, korban berencana mau pulang kerumahnya di Desa Parapat.Namun secara tiba-tiba aek batang sosa meluap, tiba-tiba korban terseret arus banjir pada saat meluapnya air sungai Batang Sosa,” ungkap warga.

Kasat Reskrim Polres Padanglawas, AKP Aman Putra Bangunsyah. SH mengatakan, hasil pemeriksaan tim medis, korban meninggal dunia karena terseret arus.

Ditubuh korban tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan atau penganiayaan,tetapi murni hanyut terbawa arus banjir,” kata Aman.

Saksi mata yang pertama kali menemukan korban jiwa banjir Padang Lawas, kata Aman, Amin Sofyan Pasaribu (47) dan Ateng Pasaribu (30) saat melakukan pencarian terhadap korban melihat tangan korban didalam sebuah kolam yang ada di sekitar perkebunan warga,setelah ditarik ternyata benar korban adalah Dawat Harahap.

Baca juga : Akibat Hujan Deras Jalan Nasional Menuju Tapanuli Tertutup Longsor

Kemudian Masyarakat membawa korban ke rumah duka untuk diserahkan kepada pihak keluarga di Desa Parapat ,Ulu Barumun ,selanjut akan dikebumikan pada hari ini,Minggu (28/3)”terangnya.

Mendapat kabar adanya korban yang hanyut terbawa arus banjir, Wakil Bupati Padanglawas ,drg.H . Zarnawi Pasaribu CHt.MM.M.Si, langsung menyambangi rumah korban di Desa Parapat.

Di kesempatan kunjungan kerumah keluarga korban ,atas nama Pemkab Palas bersama Baznas,Wabup menyerahkan bantuan tali asih sebagai bentuk kepedulian pemerintah sebesar Rp 5 juta yang diterima keluarga korban. (munif)