October 16, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

BPBD Provinsi Sumatera Utara Tinjau Lokasi Pasca Banjir di Palas

BPBD Provinsi Sumatera Utara Tinjau Pasca Banjir di Palas

BPBD Provinsi Sumatera Utara Tinjau Pasca Banjir di Palas

Padang Lawas | Indocybernews.com – Pasca bencana banjir dan longsor di sejumlah wilayah kabupaten Padang lawas (Palas), BPBD Provinsi Sumatera Utara (Provsu) lakukan peninjauan lokasi banjir di lima kecamatan dan berkoordinasi dengan Bupati Padang lawas, H. Ali Sutan Harahap (TSO).

Rombongan team BPBD diterima Bupati TSO di Pendopo rumah dinas Bupati, Jalan Ki Hajar Dewantara Sibuhuan, Senin (29/3/21).

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provsu, M. Mahfullah Pratama  Daulay. SSTP. MAP Daulay mengatakan menyusul kejadian bencana banjir dan longsor beberapa titik wilayah di palas, Jum’at (26/3) malam kemarin.

Dimana bencana banjir itu telah merendam pemukiman dan ratusan rumah warga di lima Kecamatan diantara, Kecamatan Sosopan, Ulu Barumun, Barumun Baru,Ulu Sosa serta Kecamatan Sosa.

Atas perintah Gubsu H. Edy Rahmayadi terhadap bencana alam di Kabupaten Padang lawas, pihak BPBD  Provinsi Sumatera Utara diperintahkan turun  langsung ke lokasi untuk melakukan peninjauan dan survei serta mendata kerusakan yang timbul akibat bencana.

Dari hasil peninjauan di sejumlah lokasi ada  beberapa sarana dan prasarana infrastruktur yang rusak,yang  menjadi kewajiban pihak Pemprovsu untuk memperbaikinya termasuk jalan dan jembatan di wilayah Sosopan.

Mahfullah menjelaskan, pada  aliran sungai Barumun ada beberapa terjadi titik patahan arus  yang berakibat meluapnya air sungai, hingga merusak sedikitnya 120 hektar lahan persawahan dan merendam 800 rumah warga dan sejumlah infrastruktur yang rusak. Bahkan di desa Parapat kecamatan ULu Sosa seorang warga berinsial DH (50) meninggal dunia akibat terseret arus sungai di sekitar areal kebunnya pada saat banjir terjadi.

Hasil peninjauan lapangan dan penanganan yang menjadi kewenangan provinsi dan pemerintah pusat akan dilaporkan ke Gubsu untuk penanganan lebih lanjut agar segera terealisasi, segala yang menjadi sarana untuk penanggulangan bencana agar tidak terulang kembali.

Bupati Palas, H. Ali Sutan Harahap (TSO) menyampaikan rasa terimakasih kepada Gubsu Edy Rahmayadi yang telah memerintahkan langsung tim BPBD meninjau langsung kondisi pasca banjir di daerah Kabupaten padang lawas, semoga bencana yang telah melanda bisa di tangani demi kesejahteraan masyarakat. (munif)

Baca juga : https://indocybernews.com/kades-matondang-ucapkan-terimakasih-atas-normalisasi-sungai-aek-jorbing/