October 19, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Brimob Polda Jatim Diterjukan Bantu Penanganan Gempa Bumi di Lumajang

Brimob Polda Jatim

Brimob Polda Jatim Diterjukan Bantu Penanganan Gempa Bumi di Lumajang

Lumajang | Indocybernews.com – Gempa yang mengguncang Kabupaten Malang Jawa Timur mengakibatkan beberapa wilaya terdampak, 1 SSK Kompi 4 Batalyon B Brimob  Polda Jatim diterjunkan untuk membantu penanganan bencana gempa bumi di Desa Kaliuling, Kecamatan Tempursari, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Personil Brimob tiba di Desa Kaliuling,  Kecamatan Tempursari,  Lumajang pada Minggu (11/04/2021) pagi.

Komandan Kompi 4B Pelopor AKP Rudi Purnama J.,S.H melalui Paursubbaghumas Bagosp Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, 50 personil Brimob Polda Jatim untuk melaksanakan kegiatan pembersihan di lokasi terdampak gempa.

“Pembersihan dilakukan menjadi dua titik yaitu Dusun Iburaja dan Kalirejo,  Desa Kaliuliang,”Katanya.

Pelaksanaan pembersihan dilokasi terdampak gempa bumi akan terus dilakukan sampai kondisi sudah mulai tenang.

“Brimob akan  meninggalkan lokasi apa bila masyarakat terdampak gempa sudah benar-benar dinyatakan kondisi tenang,” terang Rudi Purnama melalui Ipda Andrias Shinta

Lanjut dia,  personel brimob setelah gempa terjadi langsung melaksanakan konsolidasi terus dilanjutkan dengan bergeser ke tempat yang mendapatkan dampak yang parah atas bencana gempa bumi dan membantu masyarakat untuk evakuasi dan juga membersihkan puing – puing reruntuhan bangunan rumah/tempat ibadah mereka.

“Personel Brimob akan bekerja semaksimal mungkin bersama dengan Dinas terkait, untuk pemulihan secepat nya, puing bangunan yang di rasa cukup berbahaya sudah kita singkirkan, dan agar jangan panik ketika terjadi gempa susulan.”imbuhnya

Kemudian untuk anggota Brimob yang berada di lokasi terdampak gempa untuk selalu memiliki semangat dalam memberikan trauma healing kepada masyarakat.

“Saya mengharapkan kepada masyarakat untuk tetap semangat menyambut kehidupan lebih baik diwaktu yang akan datang,”harapnya.

Personel kepolisian turun ke lapangan, melakukan patroli dan memonitor situasi pasca gempa.

“Kemudian memberikan imbauan kepada warga agar tidak panik dan tetap waspada untuk mengantisipasi adanya gempa susulan,”pungkasnya. (HMS/tyo)