October 23, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Bus Pariwisata Peserta Ziarah dan Tur Siswa SMP IT Al Muawwanah Masuk Jurang

SUMEDANG | Indocybernews.com – Sebuah bus pariwisata rombongan peserta ziarah dan tur siswa SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang, masuk ke jurang di Tanjakan Cae, Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, sekitar pukul 18.30 WIB, Rabu (10/3/2021.

Diberitakan, 19 korban tewas dalam insiden ini. Namun pihak kepolisian setempat menyatakan belum bisa memastikan.

Seorang warga yang jadi saksi mata mengatakan, awalnya bus itu melaju dari arah Malangbong, Garut. Di jalan menurun serta tikungan tajam, bus pariwisata oleng dan masuk jurang sedalam 25 meter.

“Kejadiannya setengah tujuh. Dari arah Garut, busnya tadi sudah oleng. Korban banyak. Saya tadi sudah angkat 10 orang. Mungkin korbannya 20-an orang,” kata Dedi warga setempat.

Di Subang, Kapolsek Cisalak, Ikin Sodikin menyatakan benar bus yang mengalami kecelakaan tersebut berasal dari Cisalak, Subang.

Baca jugaJalin Komunikasi, Tim Divisi Humas Polri Silaturahmi ke Ponpes Ushulul Hikmah AL Ibrohimi Gresik

“Kami belum mendapatkan informasi lebih pasti. Namun benar memang para korban dari salah satu SMP IT di Cisalak. Kami saat ini menuju TKP untuk mastikan berapa orang yang menjadi korban,” ujar Ikin. Dilaporkan pula, 20 ambulan dari Subang meluncur ke Sumedang untuk mengevakuasi korban.

Bus pariwisata itu mengalami kecelakaan dalam perjalanan pulang dari Tasikmalaya menuju Subang.

Bus mengangkut rombongan wisata religi, dari sebuah tempat ziarah di Tasikmalaya. Saksi mata di sekitar lokasi memperkirakan korban lebih dari sepuluhan.

Sementara itu, polisi masih belum bisa memastikan jumlah korban jiwa akibat kecelakaan bus masuk jurang itu. Polisi saat ini masih mendata para korban yang merupakan penumpang bus pariwisata.

Baca jugahttps://siberindo.co/10/03/2021/bus-wisata-masuk-jurang-saksi-bilang-dia-saja-angkat-20-jenazah/?amp

Kanit Laka Lantas Polres Sumedang Iptu Adam Rohmat mengatakan, petugas dibantu warga sekitar masih melakukan evakuasi penumpang dari dalam bus yang masuk jurang.

Polisi juga masih menyelidiki penyebab kecelakaan. “Jumlah korban tewas belum bisa kami pastikan. Kami juga masih mencari alat bukti,” kata Adam Rohmat.

Kapolres Sumedang AKBP Eko Prasetyo Robbyanto membenarkan adanya peristiwa kecelakaan bus di kawasan Kecamatan Wado, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, Rabu malam.

“Betul ada kecelakaan, tapi saya lagi meluncur ke TKP nanti informasi lebih lanjutnya di TKP ya,” kata Eko sebagaimana dikutip Antara.
Bus yang mengalami kecelakaan itu diketahui merupakan bus pariwisata yang ditumpangi oleh rombongan penumpang. Diduga oleng dan terperosok ke jurang.

Eko sendiri belum bisa memastikan berapa korban yang timbul dari peristiwa itu serta kronologis kejadian terperosoknya bus tersebut.
Namun berdasarkan kabar yang beredar, diduga banyak korban akibat peristiwa kecelakaan bus tersebut.

Warga Desa Cilengkrang, Kecamatan Wado, Susi (35) mengatakan, bus pariwisata tersebut mengangkut rombongan peziarah dari SMP IT Al Muawwanah, Cisalak, Subang.

“Iya betul itu rombongan bus peziarah dari Subang,” ujar Susi seperti dikutip Kompas.com, Rabu malam.

Susi juga menunjukkan foto identitas nama rombongan yang berada di dalam bus tersebut.
“Katanya banyak korban jiwa. Tapi nggak tahu pastinya, banyak ambulans juga,” ujar Susi. (red)