November 30, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Hadiri PKPNU Sumut, Musa Rajekshah Ajak NU Bersinergi untuk Makmuran Umat

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menghadiri pembukaan PKPNU Sumut di Aula Kampus UINSU Jalan Sutomo Ujung Medan

Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menghadiri pembukaan PKPNU Sumut di Aula Kampus UINSU Jalan Sutomo Ujung Medan

MEDAN | Indocybernews.com – Menghadiri pembukaan Pendidikan Kader Penggerak Nahdlatul Ulama (PKPNU) Pimpinan Wilayah NU Sumatera Utara (PWNU Sumut) Angkatan I, Wakil Gubernur Sumut Musa Rajekshah menyampaikan apresiasinya terhadap PWNU Sumut yang terus menjaga Ukhuwah Islamiyah.

“Saya sampaikan NU ikut memperjuangkan kemerdekaan Indonesia dan menjaga Ukhuwah Islamiyah. NU juga banyak berperan di dunia pendidikan, dan pendidikan kader ini semoga melahirkan kader-kader NU yang berkualitas dan bermanfaat untuk umat,” ujar Ijeck, sapaan akrab Musa Rajekshah saat hadiri pembukaan PKPNU Sumut di Aula Kampus UINSU, Jalan Sutomo Ujung, Medan, Jumat (5/11).

Kehadiran Ijeck disambut hangat oleh Wakil Sekjen PBNU KH Abdul Mun’im DZ, Rektor UINSU Prof Syahrin Harahap, Rois Surya PWNU Sumut Sarmadan Nur dan Panitia Pelaksana sekaligus Ketua LPNU Sumut Masdar Limbong.

Selain itu, Ijeck berharap kader NU untuk ikut bergerak aktif memberikan pendidikan Islam khususnya wilayah minoritas karena kader NU sudah banyak tersebar di seluruh wilayah.

PWNU, lanjut Ijeck, memiliki banyak kader dari berbagai profesi, satu diantaranya pakar ekonomi yang bisa memberi masukan atas niatnya membangkitkan semangat layaknya seperti di Masjid Jogokariyan Jogjakarta yang berhasil menjalankan misi dari masjid memakmurkan umat.

“Saya baru saja pulang dari Jogja menghadiri seminar nasional bangkitkan ekonomi umat melalui masjid di Jogokariyan yang diisi oleh 120 peserta perwakilan dari beberapa provinsi. Semangat Jogokariyan ini besar, infak dan sedekahnya tersalur hingga ke luar Pulau Jawa. Padahal masjidnya gak besar, tapi manfaatnya cukup dirasakan oleh umat Islam. Semangat ini Insya Allah, juga akan kita jalankan di Sumut, untuk itu nanti kita bisa bekerjasama untuk Sumut Bermartabat ,” ujar Ijeck.

Sementara itu, Rektor UINSU Syahrin Harahap menyampaikan PKPNU ini harus diikuti oleh kader NU. Pendidikan ini menjadi bukti PWNU Sumut menjalankan harakah, fikrah dan amalia. Ia juga mengingatkan, dalam situasi pandemi saat ini kehadiran ormas, khususnya NU harus bisa bermanfaat karena NU juga hadir untuk kepentingan umat.

Rois Surya PWNU Sumut Sarmadan Nur mengucapkan terima kasih kepada Wagub Sumut Musa Rajekshah yang hadir dalam pembukaan. Ia menyebutkan, Ijeck merupakan tokoh nasional. “Beliau ini adalah tokoh nasional seharusnya sudah di ibu kota tapi masih ingin membesarkan Sumut dan menjadi inspirasi karena menjadikan Masjid Al Musannif rutin menyampaikan pesan-pesan agama, menjadi mercusuar Sumut,” ujarnya.

KH Abdul Mun’im juga menambahkan, NU yang memasuki usia abad kedua senantiasa terus memperbaiki diri dan terus bermanfaat memberikan harapan kepada umat, khususnya di saat Pandemi saat ini. “Semoga pelatihan tiga hari ini bisa menjadikan kader yang bisa memperkuat nilai nilai perjuangan NU dalam kehidupan yakni Ahlussunnah wal Jama’ah dan bisa bersinergi untuk membantu pemerintah dalam memajukan negeri kita,” ujarnya.(RR)