October 23, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Indahnya Pesona Gunung Burni Telong, Bener Meriah

Indahnya Pesona Gunung Burni Telong, Bener Meriah

Indahnya Pesona Gunung Burni Telong, Bener Meriah. (Istimewa)

Bener Meriah, Indocybernews.com – Gunung Burni Telong merupakan gunung berapi yang terhitung masih aktif hingga kini. Terakhir kali gunung ini meletus terjadi pada 7 Desember 1924 yang menyebabkan kerusakan lingkungan pada alam sekitar serta pemukiman warga yang berada di kaki gunung Burni Telong – Bener Meriah. Kamis, (22/4/21).

Memiliki ketinggian lebih dari 2.600 meter diatas permukaan laut, Gunung Burni Telong masuk dalam jajaran 10 besar gunung paling tinggi yang berada di Provinsi Aceh. Dalam bahasa Indonesia, nama gunung ini bisa diartikan sebagai gunung yang terbakar. Memang tak aneh, mengingat gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktif.

Wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan berupa perkebunan kopi, serta perkebunan sayur milik warga, Kurang lebih selama 6 jam pendakian menyusuri hutan belantara, wisatawan akan tiba di tempat dimana Bunga Edelweis tumbuh subur.

Bunga Edelweis tumbuh subur di Gunung Burni Telong
Bunga Edelweis tumbuh subur di Gunung Burni Telong

Di titik ini, ketinggian mencapai 2.000 meter diatas permukaan laut sehingga hawa dingin mulai menusuk tulang. Hamparan bunga abadi ini seolah menghilangkan rasa lelah para pendaki usai melewati rimbunnya hutan Gunung Burni Telong.

Bunga Edelweis merupakan jenis tanaman yang hanya tumbuh di daerah dataran tinggi. Para pendaki dilarang untuk memetik bunga cantik ini, karena bunga ini tergolong tanaman yang langka.

Setelah melewati hamparan bunga cantik tersebut, wisatawan akan tiba di jalur summit. Pada titik ini terdapat sebuah goa yang sering dijadikan sebagai tempat istirahat dan mendirikan tenda bagi para pendaki. Dari goa ini, puncak Gunung Burni Telong sudah cukup dekat hanya berjarak sekitar kurang lebih 200 meter lagi.

Gunung Burni Telong juga menawarkan udara yang masih segar, dan bebas polusi. Keindahan landscape yang ditawarkan di puncak gunung Burni telong sangat indah dan mempesona sehingga para pendaki seakan ingin berlama – lama menikmati indahnya pemandanga Alam Hutan belantara Bener meriah.

Gunung Burni Telong juga menawarkan fenomena matahari terbit yang sungguh mempesona. Jika ingin menikmati indahnya sunrise dari puncak gunung, kamu harus tiba di puncak pada dini hari. Atau juga bisa menginap di goa serta membangun tenda untuk menunggu momen sunrise di puncak gunung. Langit yang awalnya gelap gulita, perlahan berganti cerah serta menimbulkan gradasi warna yang luar biasa cantiknya. Hawa dingin yang menusuk tulang, berangsur sirna menjadi sebuah kehangatan oleh pancaran sinar mentari “sang surya”  yang menyinari bumi. (red)

Dikutip dari berbagai sumber