October 16, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Kapolres Samosir : Pelaksanaan Sholat Idul Adha Dan Pemotongan Hewan Qurban Berjalan Kondusif

SAMOSIR || Indocybernews.com – Dalam rangkaian pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Adha 1442 H, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH melakukan pemantauan kesejumlah Masjid yang ada di wilayah hukumnya, selasa (20/7/2021) sekitar pukul 07.30 Wib.

 

Pada pengecekan Hari Raya Qurban di Masjid Al-Hasanah Pangururan, Kapolres Samosir menyerahkan satu ekor sapi qurban dari Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Drs. RZ Panca Putra. SMSi kepada tokoh agama Islam Sultan Hermanto Hutagalung, yang merupakan Ketua BKM Masjid Al-Hasanah Pangururan.

 

Turut hadir dalam kesempatan itu, Ketua Bhayangkari Cabang Polres Samosir Ny Yuli Josua, Wakapolres Kompol Rachmad Affandi SE, kasat intelkam, kasat reskrim, kasat lantas, kasat sabhara, kapolsek Pangururan dan sejumlah personel Polres Samosir.

Kapolres Samosir turut ikut dalam penyembelihan hewan qurban.

Selain hewan qurban dari Kapolda Sumut, mantan Kasubdit II Ditreskrimsus Polda Sumut itu juga menyerahkan satu ekor kambing darinya dan keluarga.

 

AKBP Josua Tampubolon SH MH mengatakan bahwa pada Hari Raya Idul Adha merupakan momentum untuk berbagi kebahagiaan serta menjadi sarana untuk menjalin kebersamaan untuk saling membantu dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang masih mewabah sampai saat ini.

 

“Kami menerima amanah dari Bapak Kapolda Sumut, semoga bermanfaat bagi umat muslim yang ada di Kabupaten Samosir khususnya di Masjid Al-Hasanah Pangururan,” ungkap Kapolres Samosir.

 

 

Tak lupa, mantan Wakapolres Belawan ini juga menyampaikan atas nama Polres Samosir mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 H kepada masyarakat yang merayakannya.

 

Atas bantuan tersebut, Ketua BKM Masjid Al-Hasanah Pangururan, Sultan Hermanto Hutagalung mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Sumut atas pemberian qurban. “Pada saat situasi pandemi Covid-19 ini, bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang merayakan Hari Raya Idul Adha,” ucap Hutagalung.

 

Dia melanjutkan, dari 7 masjid yang ada di Kabupaten Samosir sebanyak 6 masjid melaksanakan ibadah Sholat Idhul Adha 1442 H. Yakni Masjid Al-Hasanah Pangurururan yang dipimpin Ustadz Hendra Himawan Manik, Masjid Nurul Islam Tambun Sungkean (Ustadz M. Syahban).

 

 

Juga Masjid Al-Ikhwan Janji Martahan (Ustadz Surung Sitanggang), Masjid Al-Mubarokkah Holbung (Ustadz Mustika Situmorang), Masjid Nurul Huda Turpuk Sihotang (Ustadz Basirun Marbun), dan Masjid Nurul Iman Sihotang (Ustadz Rizky Rico).

 

“Sedangkan Masjid Al-Ikhlas Tuktuk Siadong pimpinan Ustad Erwansyah, tidak menggelar Ibadah Sholat Idhul Adha, hanya melakukan pemotongan hewan qurban,” ujarnya.

 

Terkait pembagian daging qurban, sambungnya, panitia qurban di masing-masing masjid mengantar langsung kerumah-rumah penerima sesuai kupon yang telah diberikan sebelumnya. Sehingga tidak menimbulkan situasi ditengah wabah Covid-19 sedang melonjak drastis di Kabupaten Samosir.

 

Terakhir, Kapolres Samosir AKBP Josua Tampubolon SH MH menuturkan, dalam pelaksanaan hari raya qurban ini, menurunkan 25 personel Polres dan Polsek untuk pengamanan di Masjid dan pencegahan kegiatan ibadah.

 

“Kepada warga yang melaksanakan salat Idul Adha maupun ke tempat pemotongan hewan agar selalu menerapkan protokol kesehatan seperti masker dan jangan berkerumun, untuk menghindari adanya klaster baru dalam pelaksanaan ibadah hari raya Idul Adha tahun ini,” pungkasnya.