October 27, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Kilang Minyak Pertamina Meledak dan Terbakar

Kilang Minyak Pertamina Meledak dan Terbakar

Kilang Minyak Pertamina Meledak dan Terbakar. (Istimewa)

INDRAMAYU, Indocybernews.com – Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, terbakar pada Senin (29/3/2021) dini hari ini.

Sejumlah warga menderita luka bakar, sebagian lagi diungsikan antara lain ke pendopo Kabupaten Indramayu. Api yang melalap kilang minyak ini terlihat dari jarak sejauh lima kilometer.

“Dari sini kelihatan banget apinya besar,” kata Suci, warga Indramayu sebagaimana dikutip Antaranews.com, Senin (29/3/1021).

Suci mengungkapkan jarak tempat tinggalnya ke kawasan kilang minyak Balongan, sekitar 5 kilometer.

Meski sejauh itu, api terlihat membumbung tinggi. “Dari sini jarak memang jauh, tapi api kelihatan,” kata Suci.

Warga lain bernama Dedi menuturkan hal yang sama, kawasan kilang minyak mengeluarkan api dan suara cukup keras.

“Iya benar dari sini kelihatan, memang benar itu kawasan RU VI Balongan,” kata dia lewat telepon.

Dari video yang beredar di grup median sosial, kondisi lokasi Kilang minyak PT Pertamina RU VI Balongan terbakar hebat sampai memaksa warga sekitar keluar rumah.

Warga yang rumahnya berada di sekitar kawasan kilang Pertamina Balongan, mencium bau sangat menyengat seperti bahan bakar minyak (BBM) dan bau itu tidak seperti biasanya.

“Sekitar jam 23.00 WIB bau bensin sangat menyengat, bahkan saya sempat beberapa kali muntah,” kata Yati, warga Blok Kesambi, Desa/Kecamatan Balongan, Kabupaten Indramayu, Senin.

Yati terpaksa mengungsi di Pendopo Kabupaten Indramayu, karena rumahnya sangat dekat dengan kilang Pertamina Balongan yang terbakar dan meledak.

Dia mengatakan pada hari Minggu (28/3/2021) tengah malam warga sempat mencium bau yang sangat menyengat dan itu tidak seperti hari-hari biasanya.

Kemudian, selang beberapa jam, lanjut Yati, terdengar ledakan yang sangat keras dan seketika warga langsung berhamburan melihat api sudah membumbung tinggi.

“Suaranya sangat keras, saya tidak bisa membayangkannya lagi, yang pasti trauma,” tuturnya.

Ia mengaku tidak sempat mengemasi pakaian untuk mengungsi, karena waktu itu sangat panik, sebab api sudah membumbung tinggi.

“Tidak sempat apa-apa, apalagi pada waktu kejadian saya juga sedang menunggu suami pulang,” katanya.

Mengutip laman Pertamina, Kilang VI Balongan adalah kilang keenam dari tujuh kilang Direktorat Pengolahan PT Pertamina (Persero).

Kegiatan bisnis utama di kilang ini adalah mengolah minyak mentah dari Duri dan Minas menjadi produk-produk BBM (Bahan Bakar Minyak), non BBM dan petrokimia.

Kilang ini mulai beroperasi pada 1994 dan terletak di Indramayu atau sekitar 200 km arah timur Jakarta. (*)

Baca juga : Pelaku Bom Bunuh Diri di Makassar Pasangan Suami Istri

Sumber : Siberindo.co-Antaranews.com-Intipos.com