November 28, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Modus Minta Sumbangan, APT Berhasil 9 Kali Mencuri Handphone

Modus Minta Sumbangan, APT Berhasil 9 Kali Mencuri Handphone

Modus Minta Sumbangan, APT Berhasil 9 Kali Mencuri Handphone

BINJAI || Indocybernews.com – Satreskrim Polres Binjai mengamankan seorang pria berinisial APT (29) warga Jalan Ikan Tongkol Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur Kota Binjai karena telah melakukan pencurian Handphone, Rabu (17/11/21) pukul 21.00 WIB.

Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting ketika dikonfirmasi awak media melalui Kasat Reskrim AKP M Rian Permana, mengatakan bahwa sebelumnya pihaknya mendapatkan laporan yang tertuang dalam LP/ B /717/ XI / 2021 / SPKT / Polres Binjai / Polda Sumatera Utara, 9/11/2021.

Kasus tersebut terjadi di Dermatos Salon Jalan Perintis Kemerdekaan kelurahan Kebun Lada kecamatan Binjai, yang mencuri 1 unit handphone merk iPhone XR milik Wadiyah Elfiyanti (21) penduduk Jalan T A Hamzah Dusun IV Kelurahan Sambirejo Kecamatan Binjai Kabupaten Langkat.

“Tersangka ini melakukan aksinya bermodus meminta sumbangan proposal. Kemudian saat korban menuju ke belakang toko untuk mengambil uang, tersangka mengambil handphone korban yang terletak di meja. Usai uang diberikan, tersangka pergi dengan membawa hasil curiannya yang diselipkan di dalam proposal,” terang Kasat Reskrim Polres Binjai AKP M Rian Permana yang baru menjabat, Senin (22/11/21).

Lanjut AKP M Rian, menjelaskan dalam mengungkap kasus tersebut pihaknya melihat melalui vidio yang sempat viral di media sosial. Setelah itu ia diperintahkan Kapolres Binjai dan langsung berkoordinasi dengan Kanit Pidum Iptu Hotdiatur Purba untuk melakukan penyelidikan.

Saat petugas melakukan interogasi terhadap beberapa saksi yang ada di lokasi kejadian dan mereka bersedia untuk membuka rekaman cctv nya, dari situ kita mulai dapat menduga seorang pria sebagai pelaku,” pungkasnya.

Masih penjelasan mantan Kasat Narkoba Polres Binjai ini, petugas langsung melacak posisi pelaku dan mendapatkan tentang keberadaannya serta saat itu juga berhasil diamankan.

Namun kata Rian, ketika dilakukan interogasi terhadap tersangka ia mengaku semua perbuatannya sudah berbuat 9 kali di lokasi yang berbeda di wilayah hukum Polres Binjai, diantaranya :

1) Sekolah SMAN 1 Binjai Jalan Mongonsidi Kelurahan Satria Kecamatan Binjai Kota, pelaku mencuri 1 HP iPhone.

2) Les Permata Bangsa Jalan R. A. Kartini Kelurahan Kartini Kecamatan Binjai Kota, pelaku mencuri 1 HP merk Samsung Galaxy S8.

3) Jalan Jendral Sudirman Kelurahan Binjai Kecamatan Binjai Kota pelaku mencuri 1 HP merk Vivo warna hitam.

4) Apotek Fauza Jalan Jendral Sudirman Kecamatan Binjai Kota pelaku mencuri 1 HP merk Oppo A5 S.

5) Jalan Samanhudi Kelurahan Tanah Merah Kecamatan Binjai Selatan pelaku mencuri 1 HP android warna hitam.

6) Jalan Imam Bonjol Kelurahan Setia Kecamatan Binjai Kota pelaku mencuri 1 HP android warna hitam.

7) Rambung Kecamatan Binjai Selatan, pelaku mencuri 1 HP Realme warna biru.

8) Jalan Soekarno Hatta Kelurahan Tanah Tinggi Kecamatan Binjai Timur pelaku mencuri 1 HP merk Nokia warna hitam.

9) Jalan S. Hatta Kelurahan Tanah tinggi kecamatan Binjai Timur pelaku mencuri 1 HP merek Samsung.

Selain itu, Satreskrim Polres Binjai juga mengamankan barang bukti dari tersangka yakni, 1 buah iPhone 6 warna grey, 1 buah Hp Redmi warna biru, 1 buah HP Samsung warna abu-abu, 1 buah hp Nokia warna hitam, 1 buah topi warna hitam, 1 buah tas sandang warna hitam, 1 buah pisau Carter warna putih, 1 lembar kertas Proposal.

“Atas perbuatannya, pelaku dipersangkakan melanggar pasal 362 ayat 1 KUHPidana,” tutupnya.