October 27, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Pengadilan Negeri Sei Rampah Tolak Prapid GMBI SUMUT ke Polres Sergai

Sergai | Indocybernews.com — Terkait gugatan Praperadilan yang dilakukan Lembaga Swadaya Masyarakat Gerakan Masyarakat Bawah Indonesia (LSM GMBI) Sumatera Utara, Senin (8/3/2021) sekira pukul 15.30 WIB, akhirnya ditolak sepenuhnya oleh Pengadilan Negeri Sei Rampah.

Penolakan gugatan Praperadilan tersebut terkait penangkapan oknum Ketua
Ormas GMBI Sumut inisial SS dan inisial S dalam kasus perkara pengerusakan dan provokator.

Baca juga Komplotan Sindikat Curanmor Specialis Mesjid di Tembak Tim Scorpions

Kasat Reskrim Polres Sergai AKP Pandu Winata diruang kerja, Selasa (9/3/2021) mengatakan bahwa putusan sidang Praperadilan yang menolak gugatan dari LSM GMBI Sumut oleh Pengadilan Negeri Sei Rampah terkait adanya pengajuan gugatan Pra peradilan oleh LBH GMBI Sumut di PN Sei Rampah sesuai dengan Prapid No. 01/II/Pid. Pra/PN.  sudah sangat tepat.

Pelaku melalui kuasa hukumnya Puji Prasetyo, SH., dan advokat Humaidi, SH. mengajukan gugatan dengan materi keberatan atas penangkapan ketua LSM GMBI Sumut inisial SS dan inisial S yang terkait pengerusakan terhadap barang milik PT. PIR di Dusun XI Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Sergai.

Dalam aduan gugatan, bahwa penyidik Sat Reskrim melakukan proses penyidikan terkait penangkapan terhadap tersangka SS yang melakukan penghasutan dan S yang melakukan pengerusakan PT PIR di Dusun
XI Desa Kota Pari, Kecamatan Pantai Cermin”sebut Pandu Winata.

Baca juga https://intipos.com/residivis-pencuri-ponsel-akhirnya-diringkus-satreskrim/

Ia menambahkan, Sesuai gugatan mereka, Satuan Reserse Kriminal Polres Sergai tetap mengikuti gugatan Pra peradilan oleh LBH GMBI Sumut pada hari Senin (8/3/2021)sekira pukul 15.30 WIB di Ruang sidang Lantai I PN Sei Rampah.

Sidang Praperadilan turut hadir KBO Satreskrim Iptu A Santika SH selaku Kuasa hukum termohon dengan Hakim tunggal Steven SH dan Panitera Budi Nasution. SH.

Selanjutnya, sidang praperadilan dengan agenda pembacaan putusan Praperadilan yang dibacakan Hakim Tunggal
Steven SH.M.H.

Dalam putusannya, Hakim Steven menolak gugatan permohonan Praperadilan dari pemohon LBH GBMI Sumut seluruhnya” ungkap Pandu Winata.

Pandu mengatakan bahwa dalamtahap penyelidikan selanjutnya ditingkatkan menjadi tahap penyidikan dan tahap penetapan tersangka sudah sesuai dengan Perkap No. 6 tahun 2019 ttg Penyidikan TIndak Pidana dan UU RI No. 8 tahun 1980 tentang KUHAP.

Kedua tersangka ditangkap pada tanggal 22 Januari 2021 dikarenakan mencoba menghalangi petugas untuk melakukan cek tkp dalam proses penyidikan. Dan pada saat dilakukan pemeriksaan kedua nya terbukti melakukan pidana atas sangkaan pengerusakan barang secara bersama -sama di depan umum yang terjadi pada pada 5 November 2020 dimana warga membongkar batas pagar yang dibuat oleh PT PIR yang berlokasi Dusun XI Desa Kota Pari Kecamatan Pantai Cermin, Sergai.,” tutup Pandu. (Ardi)