November 27, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Reaksi Cepat, Petugas Rutan Kelas I Medan Kanwil Kumham Sumut Rujuk Tahanan ke Rumah Sakit

Reaksi Cepat, Petugas Rutan Kelas I Medan Kanwil Kumham Sumut Rujuk Tahanan ke Rumah Sakit

Reaksi Cepat, Petugas Rutan Kelas I Medan Kanwil Kumham Sumut Rujuk Tahanan ke Rumah Sakit

MEDAN || Indocybernews.com – Kesigapan dan keperdulian petugas Rutan Kelas I Medan Kanwil Kumham Sumut saat memberikan pelayanan terhadap tahanan yang sedang sakit patut dicontoh.

Seperti saat melayani seorang tahanan bernama Fery Irawan (41) yang tengah mengidap penyakit TB (Tuberkulosis) Paru-paru ini, dengan cepat petugas Rutan langsung merujuknya ke Rumah Sakit Royal Prima Medan guna mendapatkan perawatan lebih intensif.

Hal ini dilakukan setelah pihak Medis Rutan melihat kondisi tahanan tersebut yang semakin hari tidak ada perubahan dan keterbatasan peralatan yang di miliki.

Kepala Rutan (Karutan) kelas I Medan, Theo Adrianus Amd IP SH MH kepada para wartawan yang saat itu tengah berkunjung ke Rutan Klas I Medan mengatakan, tindakan rujukan itu dilakukan usai dirinya mendapatkan kabar dari petugas yang tengah berjaga terkait adanya salah satu tahanan yang sedang sakit, dengan cepat Ia langsung memerintahkan agar tahanan yang tengah sakit tersebut dibawa ke rumah sakit.

“Saya langsung memerintahkan agar tahanan tersebut langsung dibawa ke rumah sakit agar mendapatkan perawatan lebih intensif lagi,” katanya kepada para wartawan di pendopo Rutan Kelas I Medan, Sabtu (20/11/2021) siang.

Sambung Theo menjelaskan bahwa tahanan yang bernama Fery Irawan itu sebelum ditahan sudah mengidap penyakit yaitu TB paru paru, diketahui Fery adalah salah satu tahanan dari pengadilan.

“Status Fery masih seorang tahanan yang belum mendapat putusan dari pengadilan, kita disini selalu menjaga kesehatan setiap tahanan ataupun narapidana di rutan ini, kita mau semua narapidana tetap dalam keadaan sehat dan jika ada yang sakit kita utamakan kesehatannya,” ungkapnya.

Salah satu warga binaan di Rutan kelas I Medan bernama Wawan mengucapkan terimakasih kepada pihak rutan yang dengan cepat menangani setiap tahanan yang sedang sakit.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pak Theo sebagai kepala rutan disini, yang telah sigap dan cepat menangani jika ada tahanan disini yang sedang sakit,” ucapnya kepada Wartawan.

Warga binaan itu juga mengatakan tak hanya pelayanan serta respon para petugas Rutan yang baik dan cepat, mengenai kelayakan makanan sudah sangat layak untuk di nikmati seluruh para Warga binaan di Rutan Klas I Medan.

“Jujur kami disini sudah mendapatkan yang baik, tak hanya sikap respon yang cepat jika ada yang sakit, dari sisi makannya pun kami sudah memadai dan layak,” pungkasnya.