October 23, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Selamat, Pengurus SMSI Siantar-Simalungun Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

P SIANTAR || Indocybernews.com – Ketua SMSI Sumatera Utara Ir Zulfikar Tanjung melantik kepengurusan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Siantar-Simalungun periode 2021-2026 , Jumat (06/08/2021) sekira pukul 09.30 wib.

 

Pelantikan yang digelar di ruang Serbaguna Bapedda Kota Siantar yang juga dihadiri Penasehat SMSI Sumut Rony Purba, Bendahara Irwansyah, Wakil Ketua Bidang Organisasi Ariadi serta para Ketua, Sekretaris Bendara SMSI Kota Medan, Binjai , Deliserdang, diawali terlebih dahulu dengan diskusi menghadirkan narasumber Kominfo Sumatera Utara yang diwakili Kabid Layanan e-Government Kominfo Rismawati Simanjuntak dan Ketua SMSI Sumut Zulfikar Tanjung, Sekretaris SMSI Sumut Erris J Napitupulu dan dimoderatori Rindu Marpaung, SPd.

 

Dalam penyampaian materi, Ketua SMS I Zulfikar Tanjung mengatakan, saat ini anggota SMSI mencapai 1700. “Ini media organisasi terbesar di dunia saat ini dan sudah dapat rekor MURI,” sebutnya sembari menjelaskan sejarah terbentuknya SMSI.

 

Sementara Kabid Layanan e-Government Kominfo Rismawati Simanjuntak, mengatakan 

dalam pertumbuhan Siber ada tantangan dimana masyarakat menganggap kebenaran tidak lagi hal yang penting.

 

Dikatakan Rismawati Simanjuntak, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyambut baik SMSI dan menjadi mitra pemerintah dalam menyampaikan informasi pembangunan dan memberikan masukan, bagaimana seharusnya pemerintah. 

 

Karena media dikatakan Rismawati seyogyanya dekat dengan masyarakat. Sehingga bisa tepat sasaran dan membawa kebaikan untuk masyarakat.

 

“Wadah ini sangat penting, tetaplah berkarya untuk mengedukasi,” katanya berpendapat.

 

Sekjen SMSI Sumut, Erris Napitupulu dalam penyampaiannya tentang UU Pers No 40 tahun 1999, yang terdiri dari 21 pasal 10 bab. “Jelas ada rambu-rambu yang harus dipatuhi wartawan. Wartawan yang profesional bagaimana kita berkomunikasi, menyampaikan berita sesuai yang diamanatkan UU Pers,” jelasnya.

 

Wartawan powernya besar, sehingga kadang kita merasa wartawan tapi sikap tidak sebagai wartawan. 

 

Untuk menghempang berita hoax, dikatakan Erris Napitupulu maka para deklarator Pengurus PWI membuat asosiasi pertama kali di Banten. Lahirnya SMSI yang menjadi konstituen Dewan Pers merupakan wadah pengusaha atau pemilik media online se – Indonesia.Artinya,dengan lahirnya SMSI diperlukan suatu legalitas untuk sebuah perusahaan yang mengikuti aturan pemerintah.

“Legalitas di mata hukum harus jelas sesuai dengan UU Pers,.Maka diharapkan ke-profesionalisme sebuah perusahaan dan wartawan sangat penting di era digitalisasi ini,” tegasnya.

 

Sementara di tempat yang sama Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, SH selaku Pembina SMSI dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya SMSI Siantar-Simalungun.

 

Hadir pada pelantikan, Kadis Kominfo Siantar Pardamean Manurung, Kadis Kominfo Simalungun Wasin Sinaga, Kepala BNN Tuangkus Harianja, mewakili PN Siantar Zulfahri Siagian, SH, mewakili Kejari Robby SH, PWI Siantar, AJI, IJTI.

 Kepengurusan SMSI Siantar-Simalungun, 

Pembina: Walikota Pematangsiantar, DR H Hefriansyah SE, MM, Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga SH, Ketua DPDR Kabupaten Simalungun, Timbul Jaya Sibarani SH, MH, Ketua DPRD Kota Pematangsiantar , Timbul Lingga SH, Kapolres Pematangsiantar, AKBP Boy Sutan SiKanga Binanga , Dandenpom I/1 P.Siantar, Walikota CPM Binson Simbolon SH, MH

 

Penasehat, Elkananda Shah, SE, Tumpak Panjaitan dan Ingot Simangunsong.

 

Pengurus, Ketua Oktavianus Rumahorbo (Boaboanews.id), Wakil Ketua Rivay Nicholson Bakkara (Newscorner.id) dan Hermanto Sipayung SH (Simadanews.id).

 

Sekretaris Dosmaria Saragih AMd, (Armadanews.id), Wakil Sekretaris Chandro Purba (Bentengtimes.com), Bendahara Bangun P Pasaribu SPd (Kliktodays.com).

 

Ketua Bid Pendidikan Rindu Marpaung Spd (Dekrit.id), Ketua Bid Organisasi Freddy Siahaan (Jurnalx.id), Ketua Bid Antar Lembaga Hentung Purba Spd (Alolingsimalungun.id), Anggota Tommy Simanjuntak (Hetanews.com) dan Hendra Silitonga (Bidiknews.com).