November 30, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK, Nawal Lubis Berharap Program Kerja Lima Tahun Berkesinambungan

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis dan Sri Ayu Mihari menghadiri Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumut Nawal Lubis dan Sri Ayu Mihari menghadiri Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK di Ballroom Hotel Grand Mercure Medan

MEDAN | Indocybernews.com – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis berharap PKK harus mampu mengubah pola perencanaan program kerja dalam waktu lima tahun secara berkesinambungan. Selain itu PKK juga harus mampu menentukan target capaian kedepan.

Hal ini disampaikan Nawal Lubis menghadiri Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK mengangkat tema ‘Sinergitas dan Kemitraan Menjadi Kunci Mewujudkan Keluarga Berdaya dan Sejahtera Demi Sumut Bermartabat’, yang berlangsung di Hotel Grand Mercure, Medan, Senin (15/11). Kesempatan itu, Nawal Lubis juga melakukan luncurkan aplikasi Sumut Satu Data.

“Isu -isu dan ikon program nasional dalam bidang kesehatan, pendidikan, sosial, politik, ekonomi dan hukum menjadi sorotan utama yang harus disikapi, yang menuntut sinergitas dan efisiensi,” ucap Nawal Lubis.

Hadir di antaranya Wakil Ketua I TP PKK Sumut sekaligus Ketua Panitia Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK Sri Ayu Mihari, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Hendra Dermawan Siregar serta pengurus dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota.

Sebagai mitra pemerintah, menurut Nawal, PKK harus memanfaatkan teknologi informasi yang berbasis satu data, yakni dengan lahirnya aplikasi dan digitalisasi Sumut Satu Data. “SDM menjadi tuntutan untuk dapat dibenahi agar mampu menyikapi perubahan digitalisasi ini,” katanya, sembari mengingatkan pada peserta sosialisasi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, meski saat ini pandemi Covid-19 telah menurun.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Hendra Dermawan Siregar yang mewakili Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengatakan, acara sosialisasi ini adalah memonentun evaluasi kinerja dengan capaian yang diraih. TP PKK adalah inti dalam pemberdayaan masyarakat yang dimulai dari keluarga. Diharapkan capaian dapat dilaksanakan dari keluarga.

“Terima kasih pada seluruh pengurus PKK sebagai mitra pemerintah, semoga kerja sama ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi. Pada instansi saya minta untuk berkoordinasi dan mendukung kegiatan PKK agar segala program dan capaian dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Sementara Wakil Ketua I TP PKK Sumut sekaligus Ketua Panitia Sosialisasi Hasil Rakernas IX PKK Sri Ayu Mihari dalam laporannya mengatakan bahwa dalam kegiatan ini dihadiri seluruh Pengurus dan Ketua TP PKK Kabupaten/Kota se-Sumut, yang keseluruhan berjumlah 320 peserta.

“Melalui kegiatan sosialisasi ini diharapkan seluruh anggota PPK, dapat mengetahui dan memahami seluruh hasil Rakernas IX PKK, sehingga pada akhirnya dapat diterapkan di tengah masyarakat,” ujarnya.(RR)