October 26, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Tanah Gayo, Kota Dingin Negeri di Atas Awan, Menyimpan Sejuta Pesona

Danu Lut Tawar destinasi wisata alam yang terletak di Tanag Gayo kota dingin di atas awan

Danu Lut Tawar destinasi wisata alam yang terletak di Tanah Gayo, kota dingin di atas awan

Tanah Gayo, Indocybernews.com – Dataran Tinggi Gayo atau Tanah Gayo adalah daerah yang berada di salah satu bagian punggung pegunungan Bukit Barisan yang membentang sepanjang Pulau Sumatra. Secara administratif dataran tinggi Gayo meliputi wilayah Kabupaten Aceh Tengah, Bener Meriah, dan Gayo Lues.

Terdapat tiga kota utama di Dataran Tinggi Gayo ini, yani Takengon, Blang Kejeren dan Simpang Tiga Redelong. Jalan yang menghubungkan ketiga kota ini melewati daerah dengan pemandangan yang sangat indah menyimpan sejuta pesona.

Takengon yang terletak tepat di tepi danau Laut Tawar yang permukaannya ada di ketinggian 1250 Mdpl. Takengon berkembang menjadi pusat ekonomi dan pemerintahan dan menjadi kota terbesar di Tanoh Gayo. Tanah Gayo adalah salah satu penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Salah satu tempat wisata yang ada di Tanah Gayo adalah Danau Lut Tawar. Danau Lut Tawar (Laut Tawar) Lut dalam bahasa Gayo artinya Laut merupakan sebuah danau yang sangat indah dan mempesona. Danau Lut Tawar terletak di kota Takengon yang merupakan Ibu kota Tanah Gayo.

Danau Lut Tawar memiliki jenis ikan yang tidak akan ditemui dimanapun selain di sini, ikan ini bernama DepikĀ (Rasbora tawarensis) merupakan ikan endemik Danau Laut Tawar, berciri tubuh kecil dan longjong, bagian punggung berwarna hitam, bagian perut ikan depik berwarna putih lembut.

Selain danau lut tawar, Tanag Gayo juga memiliki destinasi wisata lainnya seperti Gua Loyang Koro dan Bukit Pantan Terong. Tanah Gayo adalah surga untuk traveler terutama bagi penggemar fotografi. (red)