October 27, 2021

Menyajikan Berita Teraktual

Zarnawi Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Barumun Baru

Wabup Palas Zarnawi Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Barumun Baru

Wabup Palas Zarnawi Tinjau Lokasi Banjir di Kecamatan Barumun Baru

Padang Lawas | Indocybernews.com – Wabup Palas drg. H Ahmad Zarnawi Pasaribu meninjau lokasi banjir dipemukiman warga, di enam desa, yakni Desa Binjabo Jae, Desa Siolip, Desa Sabarimba, Desa Hasahatan Julu, Desa Sigorbus Julu dan Desa Sigorbus Jae, Kecamatan Barumun Baru, Palas, Sabtu (27/3) pagi.

Kondisi banjir ini disebabkan luapan sungai Barumun yang berada tidak jauh dari sekitar lokasi enam desa setempat.

Banjir yang dipicu tingginya intensitas curah hujan saat ini, merendam ratusan rumah warga dengan ketinggian rata- rata sekitar 80 Cm ( Centi meter) di enam desa tersebut. Saat ini, para korban banjir tersebut, telah dievakuasi kerumah family atau keluarga, di desa  masing Рmasing tersebut.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Padang Lawas saya mengucapkan turut prihatin atas kejadian ini. Semoga para korban diberi ketabahan dan dilimpah Allah SWT rezeki mereka masing-masing kedepan, amin”. kata wabup disela-sela kegiatan ini.

Terkait peristiwa bencana alam tersebut, sebelumnya wabup menyebutkan, tidak ada informasi korban jiwa dalam kejadian ini. Untuk jumlah total kerugian masyarakat akibat bencana ini, pihaknya belum dapat mengihitung secara pasti.

Saat ini kita masih fokus untuk melakukan evakuasi para koran ke Posko bencana alam yang telah kami didirikan.

Sebelumnya, Kepala Desa Binabo Jae, Sangkot Daulay mengatakan banjir luapan sungai Barumun ini terjadi sekitar jam 04. 30 pagi.

Hal senada dikatakan Kepala Desa Siolip, Holid Nasution, kejadiannya sekitar pukul 4.30 WIB, akibat meluapnya sungai barumun, kondisi cuaca saat ini musim hujan.

Meluapnya, sungai barumun itu mengakibatkan pemukuman warga Desa Siolip terendam banjir 70%, dengan rata-rata setinggi lutut”, ujarnya.

Situasi saat ini, aman dan terkendali berkat kerja sama masyarakat dan sudah kita laporkan kepada pihak terkait”, ucapnya.

Lebih lanjut diceritakan, setiap musim hujan, ia khawatir akan desanya, karena dekatnya (Daerah Aliran Sungai) DAS barumun ke tempat pemukiman warga.

Saya dan masyarakat Desa Siolip, memohon dan berharap kepada pemerintah mengeruk dan melancarkan DAS sekaligus membuat beronjong DAS barumun, untuk menepis hal-hal yang tidak diinginkan ke desa kami”, pintanya.

Peninjauan lokasi banjir ini turut diikuti, Wakapolres Palas, Kompol JW Sijabat, Pabung Kodim 0212 Tapsel, Kapten ARH Saleh Hasibuan, Asisten I Pemkab Palas H. Panguhum Nasution, Plt. Kadis Sosial Palas, H. Ahmad Fauzan Nasution, Plt. PBD Palas, Nojul Hasibuan, Kabid Ops Satpol PP dan Damkar Palas, Khairuddin Siregar, Ketua Harian Kwarcab Pramuka Palas, Zainuddin Hasibuan dan Camat Barumun Baru, Maruli Sangap Soaduon Hasibuan. (Munif)

Baca juga : Aparat Desa Subulussalam Palas Berikan Bantuan Ke Desa Tetangga Yang Tertimpa Musibah

Baca juga : https://indocybernews.com/wabup-palas-serahkan-bantuan-sembako-kepada-korban-dan-masyarakat-terdampak-banjir-desa-pintu-padang/